Jumat, 23 Januari 2015

Pengantar Bisnis: BAB 5

Manajemen dan Organisasi 

  • Manajemen

  1. Pengertian Manajemen

    Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
  2. Latar Belakang Sejarah Manajemen

                 Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
                 Secara etimologi kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan".
                Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
                Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Beberapa orang melihat (dengan definisi) sebagai konseptualisasi modern akhir. Dalam istilah tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan pertanda. Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa pra-modern. Beberapa penulis juga melacak pemikiran manajemen pada perdagang-pedangang dari Sumeria dan pembangun piramida Mesir.
                Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang—tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu—yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
                Praktik-praktik manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota Venisia, Italia, yang ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan di sana. Penduduk Venesia mengembangkan bentuk awal perusahaan bisnis dan melakukan banyak kegiatan yang lazim terjadi di organisasi modern saat ini. Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal dan pada tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut.
  3. Fungsi dan Proses Manajemen

    Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:

    1.Perencanaan (Planning),
    2. Pengorganisasian (Organizing),
    3. Pengarahan (Actuating/Directing),
    4. Pengawasan (Controlling)

    Fungsi Perencanaan
    proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

    Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
    - Menetapkan tujuan dan target bisnis
    - Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
    - Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
    - Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

    Fungsi Pengorganisasian
    proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi

    Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
    - Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
    - Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
    - Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
    - Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

    Fungsi Pengarahan dan Implementasi
    proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
    - Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
    - Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
    - Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

    Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
    proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
    - Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
    - Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
    - Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
    - See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.GjlSHQ7s.dpuf
    Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:

    1.Perencanaan (Planning),
    2. Pengorganisasian (Organizing),
    3. Pengarahan (Actuating/Directing),
    4. Pengawasan (Controlling)

    Fungsi Perencanaan
    proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

    Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
    - Menetapkan tujuan dan target bisnis
    - Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
    - Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
    - Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

    Fungsi Pengorganisasian
    proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi

    Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
    - Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
    - Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
    - Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
    - Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

    Fungsi Pengarahan dan Implementasi
    proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
    - Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
    - Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
    - Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

    Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
    proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
    - Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
    - Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
    - Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
    - See more at: http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html#sthash.GjlSHQ7s.dpuf
    Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:

    1.Fungsi Perencanaan
    proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

    Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
    - Menetapkan tujuan dan target bisnis
    - Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
    - Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
    - Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

    2.Fungsi Pengorganisasian
    proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi

    Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
    - Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
    - Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
    - Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
    - Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

    3.Fungsi Pengarahan dan Implementasi
    proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
    - Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
    - Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
    - Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

    4.Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
    proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
    - Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
    - Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
    - Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
  4.  Ciri-ciri Manajer Profesional

    a.Menantang Proses
    b.Mengilhamkan Wawasan Bersama
    c.Memungkinkan Orang Lain Bisa Bertindak
    d.Menjadi Petunjuk Jalan
    e.Mendorong Hati.  

  5. Ketrampilan Manajemen yang dibutuhkan

    Fakta di bawah ini adalah hasil survei yang di lakukansuatu organisasi yang bergerak dalam penelitian kepemimpinan tentang sifat-sifat pemimpin yang dikagumi pengikut mereka.
    1. Jujur
    2. Memandang ke Depan
    3. Memberikan Inspirasi
    4. Cakap
  • Organisasi

    *  Definisi organisasi
    Organisasi merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuannya. Organisasi adalah bentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama.
    *  Pentingnya Mengenal Organisasi
    Dalam organisasi terdapat tiga faktor atau unsur penting, yaitu :
    1. Adanya sekelompok orang
    2. Adanya hubungan dan pembagian kerja di antara mereka
    3. Adanya tujuan yang ingin dicapai
    Organisasi Formal
    Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.
    Beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah :
    a. Wewenang
    b. Tanggung jawab
    c. Pertanggungjawaban
    d. Delegasi
    e. Koordinasi
    Organisasi informal
    Organisasi informal adalah jaringan hubunganpribadi sosial yang umumnya tidak dilakukan atas dasar aturan formal. Organisasi informal selalu ada dalam setiap organisasi, keberadaannya tidak direncanakan, terjadi atas dasar keakraban dan hubungan-hubungan baik yang menyangkut pekerjaan ataupun tidak.
    Organisasi informal hampir selalu terjadi dalam semua perusahaan karena adanya interaksi manusia. Organisasi informal pada dasarnya dapat melayani empat fungsi utama:
    1. Memelihara dan memperkuat persamaan norma di antara anggota
    2. Memberi atau menyediakan kepuasan sosial, status, dan rasa aman bagi anggotanya
    3. Membantu para anggotanya untuk berkomunikasi
    4. Membantu memecahkan persoalan-persoalan yng dihadapi anggotanya
    *  Bentuk-bentuk Organisasi
    1.      Organisasi garis
    Pada organisasi jenis ini, garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab bercabang pada setiap tingkat pimpinan, dari yang teratas sampai yang terbawah.
    Organisasi garis memiliki kelebihan dan kelemahan.
    Kebaikan Organisasi Garis :
    ·         Kesatuan dalam pimpinan dan perintah
    ·         Pengambilan keputusan lebih cepat
    ·         Solidaritas kawan tinggi
    ·         Biayanya rendah
    Keburukan Organisasi Garis :
    ·         Terlalu bergantung pada satu orang (pimpinan). Sehingga kalau ia tidak mampu, akan mempengaruhi kelangsungan hidup organisasi tersebut.
    ·         Adanya kecenderungan pimpinan untuk bertindak otokratis
    ·         Perkembangan kesempatan karyawan terbatas
    2.      Organisasi Garis dan Staf
    Organisasi ini banyak digunakan oleh perusahaan besar yang daerah usahanya luas serta
    memiliki bidang tugas yang kompleks.
    Kebaikan organisasi garis dan staf:
    ·      Relevan untuk perusahaan besar
    ·      Keputusan lebih rasional karena adanya staf ahli
    ·      Dapat mewujudkan The right man In the right place
    Keburukan organisasi garis dan staf:
    ·      Organisasi rumit karena kompleksnya susunan organisasi serta membutuhkan biaya tinggi Organisasi kadang-kadang sukar diterapkan
    ·      Solidaritas sesama karyawan berkurang karena jumlahnya yang banyak sehingga memungkinkan mereka untuk tidak lagi saling mengenal
    3.      Organisasi fungsional
    Organisasi ini didasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut, seperti fungsi produksi, keuangan, personalia, administrasi, dan lain-lain. Dalam organisasi fungsional seorang karyawan tidak bertanggung jawab kepada satu atasan saja. Pada organisasi jenis ini, terdapat sejumlah spesialis fungsional yang mengawasi kegiatan masing-masing karyawan, sehingga berbagai unit staf mempunyai wewenang garis atas orang yang sama.
    Kebaikan organisasi fungsional :
    ·      Pembagian tugas jelas
    ·      Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin
    ·      Masing-masing fungsi di pegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya.
    Keburukan organisasi fungsional :
    ·   Tidak ada kesatuan perintah karena karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan yang sama-sama memiliki kekuasaan.
    ·   Karyawan yang telah merasa ahli dalam bidangnya sulit bekerja sama, karena masing-masing merasa bidang spesialisnyalah yang terpenting.
    *  Prisip-Prinsip Organisasi
    Agar organissi berjalan baik, diperlukan pedoman atau prinsip dalam melaksanakan kegiatannya.
    Prinsip-prinsip organisasi adalah:
    a)      Perumusan organisasi dengan jelas
    b)      Pembagian tugas
    c)      Delegasi kekuasaan
    d)     Rentangan kekuasaan
    e)      Tingkat-tingkat pengawasan
    f)       Kesatuan perintah dan tanggung jawab
    g)      Koordinasi
    *  Keterampilan Manajemen yang Di Butuhkan
    Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir anda juga di tentukan oleh
    keterampilan yang dimiliki dan dapat anda jual pada perusahaan.
    Berikut keterampilan yang dibutuhkan :
    1. Keterampilan bahasa asing
    2. Keterampilan bidang mesin dan teknik lainnya
    3. Keterampilan bidang sumber daya manusia
    4. Keterampilan di bidang computer
    5. Keterampilan mengajar
    6. Keterampilan bidang keuangan
    7. Keterampilan bidang kimia dan matematika
    8. Keterampilan memecahkan masalah
    9. Keterampilan bidang hukum dan peraturan
    Ø  Sebab Keberhasilan dan Kegagalan Organisasi
    Penyebab kegagalan :
    1.      Kurangnya kehandalan
    SDM dan tidak kompeten dalam manajerial serta kurangnya pengalaman ketika menjalankan strategi perusahaan.
    2.      Kurangnya pemahaman bidang usaha yang di ambil karena tidak dapat memvisualisasikan dengan jelas usaha yang akan digeluti.
    3.      Kurangnya kehandalan pengelolaan administrasi dan keuangan (modal dan kendali kredit).
    4.      Gagal dalam perencanaan. Kegagalan dalam menerapkan rencana biasanya karena rencana yang telah dibuat berdasarkan pengalaman orang lain atau sebuah idealis yang belum pernah diaplikasikan.
    5.      Tempat usaha dan okai yang kurang memadai.
    6.      Kurangnya pemahaman dalam pengadaan, pemeliharaan, dan pengawasan bahan baku dan sarana peralatan.
    7.      Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi perubahan teknologi.
    8.      Hambatan birokrasi
    9.      Keuntungan yang tidak mencukupi
    10.  Tidak adanya produk yang baru.
    Keuntungan Organisasi :
    1.      Otonomi
    2.      Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi
    3.      Kontrol financial
    Langkah menuju keberhasilan :
    1.      Memiliki ide atau visi bisnis yang jelas
    2.      Kemauan dan keberanian untuk menghadapi resiko, baik waktu maupun uang
    3.      Membuat perencanaan usaha, mengorganisasikan dan menjalankannya
    4.      Mengembangkan hubungan, baik dengan mitra usaha maupun dengan semua pihak yang terkaitdengan kepentingan perusahaan.
    Sumber:
    http://kiteklik.blogspot.com/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html
    http://revolsirait.com/pengertian-manajemen/
    http://muthiofficial.blogspot.com/2014/01/makalah-sejarah-managemen-dan-teori.html
    http://fatmawt94.blogspot.com/2013/01/bab-5-manajemen-dan-organisasi.html
    Baker, James C., International finance: management, markets, and institutions, New Jersey:Prentice Hall, 1998
    Fuad M,dkk,PT.Gramedia Pustaka Utama:Pengantar bisnis,Jakarta pusat:Salemba,2003

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar